Bulan Dzulhijjah dalam penanggalan kalender Islam selalu identik dengan perintah untuk melakukan ibadah Haji dan berkurban. Untuk itu, pengajian rutin Universitas Airlangga yang dilangsungkan di Aula Dharmawangsa Rumah Sakit Pendidikan (RSP) UNAIR pada Kamis (24/8), mengusung tema seuputar ibadah kurban ditinjau dari tiga agama besar di dunia.

Hadir sebagai pengisi adalah Ustaz Moch. Ali, S.S., MA.Min., yang juga merupakan doses Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya UNAIR. Pengajian rutin yang pertama kali digelar di RSP UNAIR tersebut dihadiri puluhan civitas akademika UNAIR. Dihadapan para hadirin, Ali mengatakan bahwa perintah untuk berkurban sejatinya juga tercantum dalam kitab-kitab agama terdahulu.

“Ibrahim sebagai tokoh sentral dalam ibadah kurban tidak hanya tercantum dalam Kitab Alquran saja. Dalam kitab perjanjian baru dan lama juga disebutkan,” papar Ali membuka ceramah.

Meski kisah mengenai ibadah kurban selalu disampaikan saat kutbah Salat Idul Adha, kali ini Ali lebih menekankan untuk mengajak para jamaah yang hadir lebih meneladani kisah Nabi Ibrahim dibalik perintah berkurban. Baginya, kisah perjalanan Nabi Ibrahim mulai dihukum bakar oleh Namrud hingga ujian untuk menyembelih putra tercintanya yakni Nabi Ismail merupakan kisah besar yang memiliki banyak nilai untuk diteladani.

“Kita tahu doa Nabi Ibrahim dalam memohon agar dikaruniai anak soleh itu selama bertahun-tahun. Ini sangat lama. Dari hal ini ada teladan yang luar biasa, yakni saat kita memohon kepada Allah SWT. harus diiringi kekuatan sabar,” paparnya.

Selanjutnya, Ali kembali menegaskan mengenai kisah Nabi Ibrahim yang perlu menjadi teladan bagi kehidupan sekarang. Proses diskusi Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail saat menerima perintah Allah SWT. untuk disembelih merupakan hal besar yang penuh pelajaran. Bagi Ali, Ismail adalah bentuk simbol cinta manusia kepada selain Allah SWT.

“Inilah yang menjadi drama dari Allah SWT. kepada Nabi Ibrahim bahwa yang seharusnya dicintai hanyalah Dia Allah Zdat yang Maha Pencipta,” jelas Ali.

Tidak hanya itu, dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tersebut juga dijelaskan bahwa kepasrahan pada Allah SWT. pada ujungnya akan berbuah kebahagiaan.  Ali juga mengungkapkan bahwa hal-hal yang dicintai oleh mahluk selain Allah itulah yang kerap menjadi bentuk ujian dari-Nya.

“Pemasrahan sepenuhnya pada Allah SWT. inilah yang dilakukan dua mahluk Allah yang mulia tersebut. Demikian bentuk ujian yang diberikan kepada Ibrahim. Kecintaan terhadap apa yang paling dicintai Ibrahim adalah yang diuji,” papar Ali mengakhiri ceramah.

Mengenai tinjauan kurban dari kitab agama lain, Ali mengatakan bahwa perintah berkurban juga masih dilakukan oleh umat Yahudi, hanya saja ibadah tersebut dilakukan dengan bentuk dan waktu yang berbeda. Selain itu, Ali juga mengatakan bahwa keterkaitan sosok Nabi Ibrahim dalam tiga agama besar di dunia menjadi bukti bahwa Nabi Ibrahim adalah manusia yang mempunyai peranan besar dan teladan yang sangat agung.

Source : http://news.unair.ac.id/2017/08/25/teladani-kisah-nabi-ibrahim/

Daftar Fakultas di Universitas Airlangga :

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas Farmasi
  7. Fakultas Ilmu Budaya
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Sains dan Teknologi
  11. Fakultas Perikanan dan Kelautan
  12. Fakultas Kedokteran Hewan
  13. Fakultas Keperawatan
  14. Fakultas Vokasi
  15. Sekolah Pasca Sarjana

Cari juga bahan risetmu di sini

Leave a comment